Saya Lahir Tahun 90-an. Begitu Banyak Yang Dirindukan Di Masa Itu - Sun Kebumen

Saya Lahir Tahun 90-an. Begitu Banyak Yang Dirindukan Di Masa Itu



Hayo siapa yang sedang membaca tulisan saya, lahir di tahun 90-an? Sebutkan tahun berapa kamu-kamu lahir. Kalau saya lahir di tahun 1998, masih agak muda dong ya hehehe. Entah mengapa kalau dengar tentang masa kecil, rasa-rasanya telinga saya jadi sensitif. Sesungguhnya bukan hanya telinga, perasaan saya juga :D

Saya akui sendiri, di masa sekarang ini saya susah sekali jalan jika tidak ada handphone, apalagi tidak ada kuota. Padahal jalan itu pakai kaki lho bukan pakai handphone dan kuoata, susah ya hahaha.

Jaman sekarang kepala saya lebih cepat terasa pusing, karena sudah tua, atau karena teknologi canggih yang cepat sekali dalam memberikan informasi sehingga otak cepat lelah ketika menerimanya? Monggo dijawab sendiri-sendiri.

Kembali lagi dah ke jaman 90-an. Sekarang saya ketika malam-malam di kos sendirian tidak bisa tidur, kadang-kadang suka mengingat-ingat jaman yang dulu. Yaa Allah begitu rindu, ingin rasanya kembali lagi ke masa kecil.

Mudah-mudahan saja sekarang saya nulis tidak sambil nangis dah hahaha. Ini yang saya bahas yang sering saya ingat-ingat, andaikata masih ada yang lainnya silakan ditambahkan sendiri di kolom komentar.

1. Gimbot
Mainan yang saya rasa dulu istimewa sekali. Kalau di daerah asal saya yaitu Kebumen menamainya gimbot, sedang bahasa kerennya tetris atau gembot. Dulu ibu kita pasti selalu pusing kalau menghadapi anaknya yang minta dibelikan gimbot. Pasalnya pada zamannya, gimbot ini adalah barang yang istimewa. Kalau tidak salah dulu harganya 15.000 rupiah, itu pun saya tahu dari tetangga yang dibelikan oleh mbaknya sehabis merantau kerja di Jakarta.

Ternyata mudah sekali ya jaman dulu oleh-oleh sehabis merantau hanya gimbot. Satu gimbot buat rebutan orang serumah. Sekarang kalau mau beli gimbot dimana ya, untuk adek biar tidak mainan hp hahaha.

2. Telepon harus ke wartel
Kala itu ketika saya masih kecil. Pagi-pagi setengah 6 ngikut ibu ke wartel. Mau telepon mbak yang kerja merantau di Jakarta saja harus pagi buta jalan sekilo jauhnya ke wartel.

Dulu waktu saya kecil tidak pernah telepon di wartel, hanya melihat ibu saya saja dari jauh kemudian terlihat semacam struk panjang keluar dari depan penjaga wartel. Sedang sekarang tidak perlu menggunakan fasilitas wartel, jadilah saya tidak pernah tahu seperti apa rasanya.

Saya hanya ingat momen-momen pagi buta jalan kaki jauh. Dan beneran selalu membuat rindu.

3. Hujan-hujanan dan plesetan
Semua rumah pasti punya saluran pembuangan air dari genteng kan? Kalau di tempat saya Namanya talang. Kalau dulu kesempatan sekali ketika hujan, banyak temannya, sengaja hujan-hujanan di talang samping rumah. Alasan ke ibu sih biar sekalian mandi.

Jaman ketika saya kecil setelah hujan-hujanan, plesetan di halaman rumah yang penuh air hujan. Sampai tanahnya halus kalau ada orang lewat bisa kepleset.

Ada lagi sih yang saya rindu. Hujan besar, selokan depan rumah penuh air. Sengaja nyelam biar terbawa arus dari atas sampai bawah. Padahal selokannya di samping jalan, tapi ya tidak tahu malu sekali.

Coba teman-temanku yang dulu, sekarang pada sibuk dimana ya wkwkwkw

4. Penghapus wangi
Saya sudah lupa berapa harga penghapus wangi yang dulu. Yang pasti hampir semua murid di kelas pakainya penghapus wangi, memang sedang era-nya sih. Pakainya sampai benar-benar kecil dan sulit untuk dipegang ketika menghapus.

Kalau tidak punya penghapus wangi ya pakainya pensil praktis, ada penghapus di atasnya. Nulisnya pakai pensil, kalau salah nulis tinggal dibalik pensilnya, dihapus. Yang lebih modern waktu jaman itu ya pakai pensil isi ulang wkwkwk

Kalau kelasnya sudah agak tinggi seperti kelas 3 keatas, pakainya bolpoin. Ada yang pakai bolpoin mewah (satu bolpoin warnanya banyak, tapi agak susah dipegang soalnya bolpoinnya gendut).

Ada lagi bolpoin wangi yang katanya ada narkobanya. Sampai sekarang saya pun tidak tahu kebenarannya. Memang tahu hanya dari mulut ke mulut saja wkwk

5. Baling-baling plastik
Diplintir-plintir biar bisa terbang. Terbangnya memang tidak lama tapi kalau punya baling-baling plastik ini rasanya terpuaskan. Sepertinya mainan apa saja menarik sekali untuk dibeli. Kalau diingat-ingat jaman itu, kasian juga sama ibu kita ya ternyata mintanya ini itu, gilirang kita udah besar tidak bisa ngasih apa-apa hehehe.

Sekarang entah masih ada penjual baling-baling plastik ini atau tidak. Jika masih ada tentu syukur sekali buat mainan anak biar agak jauh dulu dari dunia digital.

6. Tulupan
Kalau di tempat saya Namanya tulup. Dulu kalau abang saya dibuatkan tulup dari bamboo sama bapak saya, saya harus dibuatkan juga. Ngetes lubangnya pakai kertas kecil dipadatkan, kemudian ditiup.

Setelah dibuatkan tulup tinggal main ke hutan nyari lempeni (buah kecil berwarna hijau) untuk pelurunya. Lempeni yang mentah dibuat peluru, sedang yang matang berwarna ungu kita makan. Pernah dengar katanya lempeni itu makanan ular. Tapi setahu saya makanan ular memang mirip seperti lempeni tetapi buahnya lebih besar, jadilah kita enak-enak aja ketika makan lempeni wkwkw

7. Balon tiup
Dulu ketika saya beli balon tiup harganya 100 rupiah, bisa digunakan berulang kali. Sampai saat ini pun lidah saya masih ingat seperti apa rasa balon tiup.

Tapi sekarang sepertinya memang masih ada penjual balon tiup walaupun harganya beda sama yang dulu. Soalnya ponakan saya yang SD masih sering membawa balon tiup kalau pulang sekolah. Jadinya kalau saya lihat dia mainan balon tiup, kulihat-lihat, senyam-senyum, sebenarnya saya sedang mengingat jaman yang dulu. Ternyata sudah tua ya sekarang haha.

8. Parasut superhero
Pokoknya kalau abang saya beli sesuatu, saya harus beli juga. Harus sama. Misalnya beli parasut superhero. Sudah merasakan terjun payung versi mini, walaupun sampai sekarang belum keturutan terjun payung, tapi masa kecil sudah memberi pengalaman wkw

9. Nyolong bengkoang
Ini adalah real life saya sekali. Pulang sekolah sama teman-teman, sama abang, nggali bengkoangnya orang di dekat kuburan. Walaupun sekarang sudah agak lupa dulu rasa bengkoang hasil nyongnya seperti apa, tapi saya tetap ingin kembali lagi ke zaman itu.

10. Petak umpat
Jaman sekarang masih ada anak kecil mainan petak umpat. Memang jika menghibur pasti enak kalau dijalankan.

Coba aja kamu sekarang kalau pusing kerja mikir ini mikir itu, coba diobati dengan main petak umpat sama teman kerja. Pusingnya langsung ilang kali ya hahaha

11. Brok-brokan
Kalau di daerah saya namanya brok-brokan. Suit dulu biar tahu siapa yang main duluan. Jaman saya dulu rumah ibu masih tanah. Jadinya brok-brokan di dalam rumah, tanahnya digarisi pakai pecahan genteng.
Ada yang jenis brok-brokan biasa, ada yang jenis masjid. Paling atas ada bentuk kubahnya. wkwkw

12. Betengan
Betengan bisa jadi filosofinya dari benteng jaman dulu ya, itu menurut saya pribadi. Pasalnya cara mainnya dengan mempertahankan benteng masing-masing biar tidak diinjak lawan. Ya walaupun bentengnya hanya pakai pecahan genteng hahaha.

13. Setrika arang
Tidak hanya mainan yang dipikirkan, kata ibu saya. Jadilah saya ingat setrika arang. Bakar batok kelapa dulu di dapur tradisional untuk membuat bara api. Kalau sudah jadi bara tinggal dimasukkan ke setrikanya.

Ingat sekali dulu kancing baju sekolahnya mbak pas dia jaman SMK pada copot gara-gara setrika arangnya terlalu panas haha

14. Digosok keluar gambar
Ini memang saya mengalami sendiri sejak jaman SD kelas 1. Ibu-ibu sering bilang “kreatif sekali ya penjualnya”. Memang sama-sama harus kita akui, apa saja bisa dijual untuk anak kecil.

Belinya tidak jauh-jauh, penjualnya sudah menghampiri di depan sekolah. Sekalian sama jualan gulali, kepompong, dan masih banyak mainan lain.

Cara mainnya juga mudah. Kertas polosnya tinggal digosok pakai uang koin. Setelahnya akan keluar sendiri gambarnya.

15. Telepon kaleng
Kalau ini tidak perlu pagi-pagi buta pergi ke wartel. Tinggal nyari kaleng bekas susu krimmer 2, dilubangi, diberi tali, sudah bisa dipakai teleponan sama tetangga. Tidak butuh pulsa tidak butuh kuota haha

16. Orang-orangan
Biasanya cara main orang-orangan ini, buat rumahnya dulu pakai tanah dibentuk kotak-kotak. Sudah seperti arsitek sekali di masa kecil. Bisa menentukan sebelah sini kamarnya siapa, sebelah sana kamarnya siapa.

Yang pasti, orang-orangannya diberi nama juga. Haha

17. Berburu undur-undur
Kalau saya pulang ke rumah ibu saya di Kebumen, selalu kusempatkan nongkrong di depan rumah mengingat-ingat jaman dulu. Setelah itu tiba-tiba saja mengorek-orek tanah samping rumah untuk mencari undur-undur.

Hewan jalannya mundur saja sudah bisa menjadi daya tarik buat anak kecil ya wkwkw

18. Kelereng
Kalau lihat orang lain main mah gampang. Tapi setelah main sendiri saya selalu kalah sampai banyak hutang kelereng ke teman. Entah teman saya sekarang masih ingat atau tidak sama hutang saya wkwk

Ada juga yang menyebutnya gundu. Kalau di tempat saya namanya dir.

19. Layang-layang
Saya ingat sekali abang dulu buat ekor layang-layang pakai kertas bekas disambung-sambung sampai panjang. Cara merekatkan kertasnya pun cukup unik dan hemat yaitu pakai nasi. Lagi-lagi saya anak perempuan tapi ngikut anak laki-laki main layangan.

20. Gasing kayu
Hebatnya anak laki-laki pas kecil, mainannya dibuat sendiri, walaupun kadang yang susah pasti dibuatkan sama bapaknya. Kalau abang saya dulu dibuatkan bapak, sama tali gasingnya juga digulungkan sama bapak pakai sobekan sarung bekas.

21. Egrang
Pertama kali pakai egrang dulu di depan rumah. Latihan sama teman-teman sehari sudah jadi. Latihan sampai kakinya penuh kapal biar bisa balapan pakai egrang.

Lah sedangkan kemarin-kemarin nyoba pakai egrang lagi tidak bisa. Kenapa ya kira-kira. Atau sekarang beban badan sudah tidak bisa ditopang.

Gimana nih lur kamu-kamu mainan yang dulu apa saja yang dirindukan. Apa lagi beda provinsi atau kabupaten ya. Beda kecamatan saja biasanya ada yang beda nama atau mainannya. Duhh saya benar-benar rindu sekali kalau mengingat jaman dulu-dulu. Rasanya begitu damai sekali. Salam ngapak, ora ngapak genah ora kepenak. (Salam ngapak, tidak ngapak memang tidak enak).

Subscribe

Enter your email and get attractive offers from us

Setiap kata yang kita tulis adalah cerminan dari apa yang kita pikirkan.